Kamis, 07 Juli 2011

Si Single yang Harus Naik Single Operation

            2 Juli 2011, akhirnya KRL Commuter Line dengan pola single operation resmi dimulai. Keluhan di sana sini masih ada saja. Di jam- jam 'panas' kereta menjadi transportasi yang tidak manusiawi. Kereta yang terlambat datang sesuai jadwal dan penumpang yang penuh sesak adalah 2 keluhan utama saat jam panas itu. Saya pun mengalaminya. 
mengubah jadwal kereta yang tadinya jam 7 tepat menjadi 6.25. Beda setengah jam sih, tapi effortnya luar biasa ! Untunglah, saya belum mempunyai tanggungan apa- apa selain diri saya sendiri. Saya membayangkan penumpang lain yang meninggalkan keluarganya lebih pagi dari biasanya. Rugi waktu! Entah kenapa, 4 loket karcis yang seharusnya beroperasi hanya 3 yang buka, 1 untuk kelas ekonomi, 1 untuk commuter line. Bisa dibayangkan, antrian mengular. Lagi- lagi, rugi waktu! Saya harus berada di baris antrian pertama jika ingin mendapatkan tempat duduk. jadi, begitu pintu kereta terbuka, saya harus berebut masuk dengan ibu-ibu yang lain. *saya selalu duduk di gerbong wanita* Saling sikut, saling dorong, adalah pemandangan yang lumrah tiap kali masuk gerbong kereta. begitu dapat tempat duduk, hmm jangan senang dulu! di depan saya akan ada ibu- ibu lain yang akan menggelar kursi lipatnya untuk duduk. Beradulah lutut saya dengan ibu itu. dan jangan berharap melonjorkan kaki seperempat saja. Tak bisa..kereta akan penuh.
Perjalanan menjadi kurang lebih satu jam...sabar...:D
           Jam panas di sore hari lebih seru lagi.Setiap pulang, bisa dipastikan, saya tidak akan berdiri sempurna di kereta. Mengapa? karena saya naik dari stasiun Gondangdia, artinya, penumpang sudah memenuhi kereta sejak Kota, Juanda, Gambir. Jangankan pegangan nyaman, dapat pegangan aja udah lumayan. Dan...tidak ada kursi lipat! Nekad pakai kursi lipat? bersiaplah tebal muka dan tebal telinga diomongin orang..oh ya, siap- siap juga kepala kena tas, punggung kena lutut orang..hehehe...saya suka begitu ke orang yang duduk di kursi lipat sih...:p heran deh, masih ada aja yang naik dari Jatinegara...rupanya, banyak juga yang memanfaatkan BCL ini.
Saya suka tertawa dengan komentar- komentar di Solidaritas Jabodetabek untuk KRL yang Lebih Baik. Ada aja...tapi yang menarik adalah komentar pedas yang mengatakan bahwa kebanyakan yang ga setuju dengan single operation adalah ex penumpang ekspress. Menurut komentar itu, penumpang ekspress tuh malas karena ga mau berangkat pagi... Ha ha ha...bukan males kale...tapi namanya fasilitas dengan uang yang jauh lebih ya harusnya sepadan dunk...Toh, kalo ekpress dinaikin tapi cepat juga tetep aja laku. Yakin deh...penumpang ekspress berani bayar lebih untuk waktu tempuh yang lebih cepat ! * mulai emosi* Jelas- jelas yang dibeli dari ekspress tuh waktu tempuhnya bukan ACnya, bukan kursi empuknya juga bukan gangguan sinyalnya.
          Nah, saya punya saran. Sebaiknya, gerbong KRL tuh diganti aja dengan kereta barang. Nah di lantai nya ada petak ukuran 30 x 30 cm . nah tiap orang, lahannya di situ. Adil kan? Konsekuen dunk..kereta muatnya untuk berapa orang. Terus, tetep ada tuh KRL ekpress. Jadi bayar lebih mahal. terus ada tuh commuter line yang seperti ac ekonomi dan ekonomi. Ah, tapi saya miris lihat kondisi kereta ekonomi. Kok bisa ya kereta yang seperti itu jalan?Ah, jangankan lihat interior dalamnya, luarnya aja udah keliatan banget tak terawat. Pantas lebih banyak yang duduk di atap.Isis ! *dingin*
           Tapi, apa boleh buat...tampaknya kereta menjadi sarana transportasi yang tidak merepotkan untuk saya. Sebenarnya, saya bisa naik apa saja sih. Pertama, naik motor...Kedua naik bis. Ketiga naik mikrolet. Setelah saya hitung- hitung waktu dan tenaga..tampaknya ketiga pilihan itu beda- beda tipis dengan naik kereta. Jadi, tak apalah naik kereta...single ini..ga punya tanggungan di rumah...jadi bebas pulang jam berapapun..ha ha ha ha
ENJOY!

2 komentar:

  1. pengen deh saya naik kereta api dalam kota, sayang jatuhnya tetap mahal, krn ke stasiun musti naik angkot dulu :p

    BalasHapus
  2. berarti tetap setia dengan angkot nih???

    BalasHapus