Sabtu, 04 Juni 2011

Kisah Si Pembuat Moci

Moci Isi Kacang Hijau ala Astrid
            Kemarin, saya bereksperimen di dapur. Ya, saya mencoba untuk membuat kue moci isi kacang hijau hanya berbekal resep dari sebuah tabloid dan tentu saja, insting saya sebagai seorang pemula di dapur. :p
         Pertama, saya menyiapkan bahan isian.Saya merendam kacang hijau di air mendidih selama 3 jam dan mengukusnya selama kurang lebih 15 menit. Untuk kepraktisan, saya menghaluskan kacang hijau tersebut di plastik kiloan. Hasilnya? tidak seperti yang saya harapkan! Kacang hijau tidak dapat halus secara sempurna. Kepalang tanggung, saya campur kacang hijau halus dengan gula kurang lebih 10 sendok makan, dan sedikit garam. Saya uleni di atas api kecil sambil saya tambahkan kira- kira 50 ml air. Angkat dari api saat adonan mulai kalis. Hati-hati, adonan bagian bawah bisa jadi cepat gosong karena gula yang belum tercampur rata. Sesekali uleni sambil mengangkat panci agar adonan tidak gosong. Selain itu, membersihkan panci yang gosong bukanlah pekerjaan yang menyenangkan bukan?
        Kedua, saya menyiapkan bahan kulitnya. Saya campurkan 250g tepung ketan, 50ml air gula, 100 ml air dan sedikit essence pandan. Ini adalah bagian yang sulit. Komposisi tepung ketan dan air harus pas agar memperoleh adonan yang benar- benar kalis dan bagus untuk dibentuk. Hmm, bayangkanlah lilin mainan. Ya, adonan harus seperti itu. Tidak keras juga tidak terlalu lembek agar mudah dibentuk dan tidak pecah. Bagaimana hasil adonan saya? Agak keras sehingga memepengaruhi hasil akhir.
         Ketiga, siapkan tepung tapioka secukupnya yang sudah disangrai. Gunanya untuk melumuri moci supaya tidak lengket.
         Nah, setelah adonan kulit jadi, pipihkan dan isi dengan adonan isi secukupnya. Kukus di atas daun pisang yang sudah diolesi minyak. Kukus kira-kira 10 menit. Perlu diperhatikan, saat proses pengukususan moci akan mengembang, karena itu beri jarak antar moci.
           Bagaimana hasil moci saya ? Bisa dilihat di gambar. Rasanya? kurang manis! dan kurang kenyal. jadi, adonan kulit saya kurang berhasil.:p Tak apa, yang penting saya sudah mencoba, dan saya akan mencoba lagi! ENJOY!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar